telemarketing adalah

Telemarketing Adalah : Pengertian, Tugas, dan Gaji Telemarketing. Berminat?

Telemarketing merupakan pekerjaan yang sudah tidak asing dalam dunia kerja. Pada perusahaan kartu kredit, asuransi atau Bank pasti memiliki tim telemarketing sendiri untuk menawarakan produk serta benefit yang mereka punya. Beberapa dari kamu mungkin salah satu yang berkarir pada bidang ini. Sebelum lebih jauh, mari membahas pengertian telemarketing terlebih dahulu. Telemarketing adalah kegiatan menawarkan, memasarkan atau mensosialisasikan jasa atau produk dengan media telepon. Selain menggunakan iklan pada media umum, profesi ini dinilai masih sangat efektif untuk media pemasaran karena sifatnya yang lebih mudah diterima dengan berbicara langsung pada calon konsumen.

Manfaat Telemarketing

Sebagai salah satu strategi pemasaran produk oleh perusahaan, Telemarketing memiliki beberapa manfaat. Manfaat-manfaat tersebut bisa kamu lihat di penjelasan berikut :

  1. Membantu pelanggan lebih mengenal produk

Manfaat Telemarketing adalah membantu pelanggan lebih mengenal produk suatu perusahaan. Seorang telemarketer akan menjelaskan produk berdasarkan detail dan SOP (Standard Operational Procedure) tertentu. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan. Maka dari itu Telemarketing dapat dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness produk dari sebuah perusahaan.

2. Meningkatkan penjualan

Telemarketing bertujuan untuk membantu perusahaan demi meningkatkan penjualan produk. Hal ini senada dengan adanya peningkatan brand awareness sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Meningkatkan hubungan baik dengan calon konsumen

Telemarketing dapat meningkatkan hubungan baik dengan calon konsumen karena pada prakteknya, konsumen akan di istimewakan dengan cara pemberian penjelasan secara detil 1-to-1 oleh telemarketer. Satu Telemarketer melayani satu calon konsumen dalam satu waktu. Hal inilah yang menjadi nilai plus strategi pemasaran Telemarketing. Calon konsumen akan menerima penjelasan lengkap dari satu sumber atau satu orang, melakukan tanya-jawab juga dengan orang yang sama, pun jika akhirnya nanti melakukan pembelian produk juga dengan orang yang sama.

Tugas yang Dilakukan

Produk yang biasa ditawarkan oleh telemarketing adalah penawaran kartu kredit, pembelian otomotif atau barang elektronik, asuransi perbankan, voucher hotel, paket wisata, dll. Berikut ini adalah tugas yang dilakukan oleh telemarketing.

  1. Berjualan

Tugas telemarketing yang pertama adalah melakukan penjualan. Seorang telemarketer harus mengenalkan produk atau jasa perusahaan via telepon. Pada posisi ini kamu harus siap bekerja dengan target dan di bawah tekanan. Siapkan mental jika suatu saat menemukan pelanggan yang marah atau menolak produk yang kamu tawarkan. Tapi kamu harus maju terus, pantang mundur ya !

  1. Menjelaskan Produk yang Akan Dijual

Sebelum menawarkan produk atau jasa perusahaan, disarankan agar kamu menjelaskan terlebih dahulu produk yang kamu jual, dengan begitu konsumen merasa yakin atas produk yang akan ia beli atau gunakan.

  1. Follow Up Pelanggan

Setelah langkah pertama dan kedua, kamu sudah menawarkan produk atau jasa perusahaan biasanya ada calon konsumen yang mungkin tertarik atau sama sekali tidak tertarik. Di sini kamu harus punya catatan, untuk list konsumen yang mungkin masih bisa ditawarkan harus kamu follow up yaitu menelepon ulang dan menawarkan kembali produk yang kamu punya. Akan lebih mudah memfollow up bagi konsumen yang sudah pernah atau sudah menggunakan produk. Namun untuk konsumen yang sama sekali belum pernah menggunakan jasa perusahaan, akan lebih sulit dan kamu harus lebih rajin lagi untuk memfollow up agar mereka yakin dan tertarik menggunakan produk perusahaanmu.

  1. Menerima Permintaan Pembelian

Sebagian besar pelanggan justru memerlukan produk atau jasa perusahaan dan ingin menjalin kesepakatan melalui media telepon. Untuk itu, usahakanlah agar kamu menawarkan produk lainnya agar penjualan bisa semakin meningkat.

  1. Mengumpulkan Informasi dari Calon Pelanggan

Selain melakukan penjualan kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya terkait calon pelanggan seperti informasi terkait produk atau jasa kompetitor yang menawarkan produknya pada pelanggan agar pada kemudian hari kamu bisa mengantisipasi hal tersebut.

  1. Menerima Komplain dari Pelanggan

Setelah kamu berhasil menggaet seorang konsumen untuk menggunakan produk perusahaan, ada kalanya mereka merasa kecewa atas produk atau jasa dari perusahaanmu. Apabila hal ini terjadi, maka kamu adalah orang pertama yang harus siap menghadapai segala keluhan pelanggan. Seorang telemarketer harus memiliki skill untuk menyelesaikan masalah, mulai dari permintaan maaf hingga membayar kompensasi kerugian. Hal ini akan diingat oleh para pelanggan, maka dari itu kamu harus memberikan kesan yang baik agar mereka tidak kapok membeli produk dari perusahaanmu.

Berapa Kisaran Gaji Seorang Telemarketing?

Dikutip dari ” id.indeed.com ” gaji sebagai Telemarketing di indonesia pada tahun 2022 untuk daerah Tangerang adalah sebesar Rp4.741.033/bulan, Denpasar Rp4.515.642/bulan, Yogyakarta Rp2.966.842/bulan, dan yang tertinggi adalah Jakarta yaitu sebesar Rp.6.625.656/bulan. Kelebihan bekerja sebagai Telemarketing adalah kamu bisa mendapat penghasilan di luar gaji pokok. Kamu akan mendapat bonus atau insentif bila mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

 

Demikian pembahasan mengenai Telemarketing. Dengan cara kerja dan kewajiban segala rupa, Telemarketing bisa dimasukkan ke dalam list pekerjaan yang patut kamu dijalani. Apalagi dengan adanya bonus dan instentif setiap pencapaian target. Banyak bertemu orang baru, mengenal berbagai karakter, membuat keputusan dalam memecahkan masalah dalam praktek Telemarketing akan menambah skill dan pengalamanmu. Semoga bermanfaat !