tujuan promosi

Mengenal Pengertian dan Tujuan Promosi serta Cara Promosi Kekinian Lewat Media Sosial

Mengenal Pengertian dan Tujuan Promosi serta Cara Promosi Kekinian Lewat Media Sosial – Terdapat dua pengertian promosi, yaitu promosi dalam karier dan promosi dalam pemasaran.

Jika dalam dunia kerja promosi merujuk kepada peningkatan jabatan, pangkat, atau posisi pada seorang karyawan, berbeda dalam dunia pemasaran.

Kali ini akan membahas lebih jauh tentang promosi dalam pemasaran. Pengertian umumnya adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk memajukan pertumbuhan atau perkembangan suatu produk dan merek sebuah perusahaan.

Di dalam promosi terdapat aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok dengan masyarakat luas.

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk (barang/jasa/merek/perusahaan) kepada masyarakat.

Yang nantinya akan mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

Beberapa media promosi di antaranya;

  • Media cetak (koran, majalah, tabloid, dan lain-lain)
  • Internet (media sosial, website berita, blog, dan lain-lain)
  • Radio
  • Televisi
  • Baliho
  • Billboard

Tujuan Promosi Secara Umum

Promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bukan tidak memiliki tujuan, mereka melakukan promosi sudah pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini adalah beberapa tujuan promosi pada umumnya:

  1. Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk (barang / jasa)
  2. Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru sekaligus menjaga loyalitas mereka
  3. Menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan
  4. Membantu mengangkat keunggulan dan membedakan suatu produk dengan produk pesaing lainnya
  5. Membantu meningkatkan penjualan serta keuntungan

5 Contoh Promosi Paling Umum Digunakan

1. Kupon

Contoh pertama adalah dengan menggunakan kupon. Misalnya, saat kamu membeli produk A maka kamu akan mendapatkan kupon yang bisa kamu tukar dengan hadiah atau keuntungan tertentu jika kupon tersebut sudah mencapat batas atau jumlah yang sudah ditentukan.

Di sini tujuan promosi akan tercapai karena menarik pelanggan untuk kembali membeli produk agar mendapatkan kupon.

2. Flash Sale

Flash Sale mensugestikan perasaan terburu-buru bagi pelanggan. Pelanggan akan lebih tertarik karena harga yang ditawarkan saat Flash Sale berlangsung lebih murah dibanding harga normal.

Kamu bisa mengatur Flash Sale setiap bulan atau setiap tahun untuk mendapatkan banyak pelanggan yang berpartisipasi.

Tujuan promosi melalui strategi ini juga akan tercapai karena akan menarik banyak pelanggan, mereka tidak mau ketinggalan Flash Sale yang sedang berlangsung untuk mendapatkan harga di bawah harga normal.

3. Beli satu gratis satu

Kata-kata ini memang selalu menjadi daya tarik bagi pembeli. Jika kamu memiliki produk yang harus segera dihabiskan, maka cara ini adalah yang paling cocok.

Kata gratis sendiri yang akan berbicara dan memikat hati para pelanggan. Ibu-ibu mana yang tidak tertarik dengan kata “gratis”, siapa pun juga akan terbius dengan kata-kata ajaib ini.

4. First order discount

Seorang pembeli akan merasa senang apabila dirinya menjadi yang pertama menggunakan produk kamu, maka dari itu hal yang harus kamu lakukan adalah memberikan reward berupa first order discount.

Cara ini merupakan jalan untuk membuka first impression yang baik tentang bisnis kamu dan efektif mendapatkan pelanggan yang setia.

5. Program Loyalitas

Cara ini juga efektif untuk menggaet para konsumen, karena sebagian konsumen menyukai perusahaan yang menawarkan penghargaan.

Saat mereka telah mencapai jumlah poin tertentu karena sering dan banyaknya membeli sebuah produk, maka mereka berhak mendapatkan hadiah.

Dengan begitu, pelanggan akan terus datang untuk mendapatkan poin yang lebih banyak agar bisa mendapatkan hadiah yang menarik.

Media Promosi Online Paling Efektif

1. Facebook Ads

Indonesia merupakan 5 besar negara terbanyak pengguna Facebook. Maka tak heran Facebook Ads menjadi media yang efektif untuk mempromosikan bisnis sejak dulu.

Pengguna Facebook di Indonesia mencakup semua kalangan usia. Dengan begitu memudahkan kamu menentukan target iklan lebih spesifik.

Melalui Facebook Ads, iklanmu tidak hanya muncul di Facebook tapi juga di website lain yang bekerja sama dengan Facebook.

Biaya yang cukup murah yakni mulai Rp10.000 membuat Facebook Ads di gemari oleh para pemilik usaha untuk memasang iklan produk mereka.

2. Instagram Ads

Sebelumnya untuk bisa memasang ikan di Instagram harus melalui Facebook Ads, tapi kini iklan dapat langsung di pasang lewat aplikasi Instagram.

Jika kamu memiliki katalog toko online di Instagram, tidak ada salahnya untuk mencoba media yang satu ini untuk meningkatkan jumlah followers dan meningkatkan penjualan tokomu. Biaya memasang iklan di Instagram Ads cukup  dengan Rp20.000 saja.

3. TikTok Ads

Indonesia berada di urutan kedua pengguna TikTok terbanyak setelah Amerika Serikat pada tahun 2020.Dengan banyaknya pengguna TikTok kamu bisa memanfaatkannya sebagai media promosi.

Fitur TikTok Ads akan membantu kamu untuk membuat campaign promosi.  Selain fitur iklan, kamu juga bisa dengan mudah meningkatkan views video TikTok.

Di TikTok terdapat fitur For You Page (FYP) di mana kamu dapat melihat postingan dari akun yang relevan denganmu meskipun belum kamu follow. Kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke FYP. Beberapa cara agar konten kamu masuk FYP adalah dengan membuat konten yang bagus, rutin mengupload video, mengikuti tren, menggunakan hastag yang relevan, atau mengikuti challenge.

4. YouTube Ads

Selain tiga media sosial di atas, media promosi online lain yang bisa kamu manfaatkan adalah YouTube Ads. Jenis iklan yang satu ini memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Cara membuat campaign di YouTube adalah melalui Google Ads. Biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan di sini berkisar antara $0,003 sampai $0,10 per video yang tayang. Harga ini bervariasi tergantung pada di wilayah mana kamu ingin beriklan.

5. Endorsement

Selain menggunakan fitur ads di media sosial seperti di atas, kamu juga bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencer. Tarif yang dikenakan berbeda-beda tergantung berapa banyak followers dari influencer tersebut.

Jika melalui Instagram, biaya untuk promosi di feeds biasanya lebih mahal dibandingkan promosi di Instagram story karena iklan di Instagram story hanya bertahan 24 jam.

Kamu bisa memilih influencer  sesuai dengan target pasarmu. Mulailah dari jasa micro influencer terlebih dulu.

Demikianlah pengertian dan tujuan promosi serta cara-cara promosi yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan dan membangun brand perusahaan atau bisnis kamu.

Tidak perlu langsung besar, semua berawal dari yang kecil. Pelan tapi pasti. Jika terus dilakukan secara konsisten hasilnya akan terlihat. Semoga bermanfaat!